Minggu, 08 Desember 2013

Contoh Makalah 'Keberimanan Kepada Malaikat dan Tugasnya'



KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesainya makalah ini, walaupun masih jauh dari kesempurnaan. Makalah yang kami buat ini berisi materi tentang Keberimanan Kepada Malaikat dan Tugas-tugasnya. Makalah ini memberi perhatian yang besar terhadap Ilmu Ketaqwaan kepada Allah SWT. Didalam makalah ini, kita temukan tentang keimanan manusia untuk beribadah kepada Malaikat.
            Akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan makalah kami yang masih jauh dari kesempurnaan. Saran dan kritik yang membangun tetap kami nantikan demi kesempurnaan makalah ini. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Allah SWT dan pihak-pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.

Penulis

Kelompok 6















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR....................................................................................................i
DAFTAR ISI.................................................................................................................ii
BAB I      :      Pendahuluan..........................................................................................1
a.    Latar Belakang.................................................................................1
b.    Rumusan Masalah...........................................................................2
BAB II     :      Pembahasan..........................................................................................3
a.    Tinjauan Pustaka.............................................................................3
b.    Analisa Masalah...............................................................................4
BAB III    :      Penutup..................................................................................................7
a.    Simpulan..........................................................................................7
b.    Implikasi...........................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................................. 8





BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Allah swt menciptakan malaikat dari nur (cahaya). Malaikat diciptakan jauh sebelum Nabi Adam a.s. diciptakan oleh Allah SWT. Malaikat diciptakan banyak sekali oleh Allah SWT. kepastian jumlahnya hanya Allah yang mengetahuinya.
 Para malaikat itu adalah hamba-hamba Allah SWT yang dimuliakan karena tugasnya hanya untuk taat dan patuh kepada tugas-tugas yang diperintahkan oleh Allah SWT. Karena malaikat tidak memiliki nafsu maka tidak ada keinginan untuk melanggar apa yang menjadi tugasnya.
Pengertian iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT. menciptakan makhluk yang paling taat yakni malaikat, yang tidak pernah membantah perintah-Nya.







B.   RUMUSAN MASALAH
1.    Apa pengertian malaikat ?
2.    Apa keistimewaan malaikat ?
3.    Siapa nama – nama malaikat ? dan apa tugas setiap malaikat ?
4.    Apa hikmah beriman kepada malaikat ?








BAB II
PEMBAHASAN
A.     TINJAUAN PUSTAKA
       Malaikat adalah makhluk ghaib yang diciptakan Allah dari cahaya, senantiasa menyembah Allah, tidak pernah mendurhakai perintah Allah serta senantiasa melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka. Keimanan kepada malaikat mengandung 4 unsur, yaitu:
          Pertama : Mengimani adanya mereka. Yaitu kepercayaan yang pasti tentang keberadaan para malaikat. Tidak seperti yang dipahami oleh sebagian orang bahwa malaikat adalah hanya sebuah ‘kata’ yang bermankna konotasi yang berarti kebaikan atau semacamnya.
Kedua : mengimani nama-nama malaikat yang telah kita ketahui, sedangkan malaikat yang tidak diketahui namanya wajib kita imani secara global. Ketiga : menimani sifat-sifat malaikat yang kita ketahui, dan keempat : mengimani dengan apa yang kita ketahui tentang pekerjaan-pekerjaan mereka.
          Iman kepada malaikat adalah sebuah kewajiban, merupakan iman kedua setelah iman kepada Allah. Disebut kafir jika seseorang mengingkari akan adanya malaikat. Allah berfirman, “Barang Siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya”.







B.   ANALISA MASALAH
I.       Pengertian Malaikat
       Secara etimologis kata Malaikat (dalam bahasa Indonesia Malaikat) adalah bentuk jamak dari malak, berasal dari masdhar al-khuluh yang artinya ar-risalah (misi atau pesan). Yang membawa misi atau pesan tersebut disebut dengan ar-rasul (utusan). Dalam beberapa ayat Al-Quran Malaikat juga disebut dengan rusul (utusan-utusan), misalnya pada surat Hud ayat 69.
وَلَقَد جَاءَت رُسُلُنَاۤ اِبرٰهِيمَ بِالبُشرٰى قَالُوا سَلٰمًا  قَالَ سَلٰمٌ فَمَا لَبِثَ اَن جَاءَ بِعِجلٍ حَنِيذٍ‏ 
Artinya:
       Dan seseungguhnya Utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: “Selamat” Ibrahim menjawab: “Selamatlah” Maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang.
       Secara termilogis, Malaikat adalah makhluk ghaib yang diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya dengan wujud dan sifat yang berbeda-beda. Sebagai salah satu makhluk ghaib wujud malaikat tidakdapat dilihat, diraba, dicium, dirasakan oleh manusia.
       Karena Malaikat adalah salah satu mahkluk ciptaan Allah SWT, walaupun malaikat mempunyai keluarbisaan yang sangat hebat, malaikat tidak berhak untuk diibadahi oleh umat manusia. Namun umat manusia wajib untuk mempercayai dan mengimani malaikat. Keimanan kepada malaikat merupakan salah satu rukuun dari rukun iman, hal ini sebagaimana penjelsan Rosulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam dalam hadits jibril, dimana malaikat jibril bertanya kepada beliau tentang iman dan kemudian dijawab oleh Rosulullah. “Engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan kepada qadar yang baik dan buruk”. (HR. Muslim). Ini artinya orang tidak mengimani malaikat maka dia telah terjerumus dalam kekufuran karena telah mengingkari salah satu rukun iman. Oleh karena itulah amat penting bagi kita untuk mengetahui apa dan bagaimanakah bentuk keimanan yang benar terhadap makhluk – makhluk Allah SWT.

II.      Nama-nama Malaikat dan tugasnya
       Para Malaikat diciptakan dari cahaya. Merupakan makhluk yang selalu taat dan tidak pernah maksiat. Malaikat adalah makhluk yang sangat besar, memiliki paras yang sangat indah. Setiap malaikat berbeda-beda bentuk kedudukan. Wujud dari Malaikat itu sendiri bukan sebagai pria atau wanita, tidak pernah makan dan minum, tidak merasakan kelaparan dan kehausan seperti manusia, tidak pernah bosan ataupun lelah untuk beribadah dengan Allah sebagai tuhan yang telah menciptakannya.
                 Jumlah Malaikat sesungguhnya sangatlah banyak, tidak bisa diperkirakan dan mempunyai perbedaan-perbedaan dan tingkatan–tingkatan tertentu, namun malaikat yang dapat diketahui oleh manusia hanya ada 10 Malaikat beserta tugas-tugasnya:
1.    Malakat Jibril yang menyampaikan wahyu Allah kepada nabi dan rasul.
2.    Malaikat Mikail yang bertugas memberi rizki/rezeki pada manusia
3.    Malaikat Israfil yang memiliki tanggung jawab meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat.
4.    Malaikat Izrail yang bertanggungjawab mencabut nyawa      
5.    Malaikat Munkar yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada awal perbuatan manusia di alam kubur.
6.    Malaikat Nakir yang betugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada awal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.
7.    Malaikat Raqib yang memiliki tanggungjawab untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup.
8.    Malaikat Atid yang memiliki tanggungjawab untuk mencatat segala perbuatan buruk manusia ketika hidup
9.    Malaikat Malik yang memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka
10. Malaikat Ridwan yang berwenang untuk menjaga pintu surga.

III.     Hikmah beriman kepada Malaikat
Iman kepada malaikat mengandung empat unsur, yaitu:
1.    Mengimani wujud mereka
2.    Mengimani mereka yang kita kenali nama-namanya, seperti Jibril dan juga terhadap nama-nama malaikat yang tidak kita kenal.
3.    Mengimani sifat-sifat mereka yang kita kenali, seperti sifat bentuk Jibril, sebagaimana yang pernah dilihat Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam yang mempunyai 600 sayap yang menutup ufuk.
4.    Mengimani tugas-tugas yang diperintahkan Allah kepada mereka yang sudah kita ketahui, seperti bacaan tasbih, dan menyembah Allah subhanu wa ta’ala siang-malam tanpa merasa lelah.
5.    Mengetahui keagungan Allah, kekuasaan-Nya. Kebesaran makhluk pada hakikatnya adalah dari keagungan sang pencipta, menambah rasa syukur dengan mengutus para malaikat untuk memelihara, mencatat amal-amal dan berbagai kemashlahatannya yang lain. Dan rasa cinta kepada Allah SWT.





BAB III
PENUTUP

A.     SIMPULAN
·         Malaikat terkadang disebut al-mala (kelompok tertinggi) adalah makhluk tuhan yang diciptakan dari an-nur (cahaya)
·         Maksud iman kepada malaikat adalah mengimani bahwa mereka adalah perantara antara Allah dan rosulnya, dalam menurunkan kitab-kitab-Nya dan menyampaikan perintah dan larangan-Nya
·         Perilaku beriman kepada malaikat, seperti: berkata jujur, menepati janji dan menjaga amanah.
 






DAFTAR PUSTAKA

1.      Prasetyo, Abu Ka’ab . Iman Kepada Malaikat . muslim.or.id/aqidah/iman-kepada-malaikat.html (Diakses pada tanggal 29 Oktober 2012)

2.      Asiyah . Contoh Makalah Iman Kepada Malaikat. asiyahtikxempat.blogspot.com/2011/04/contoh-makalah-iman-kepada-malaikat.html?m=1 (Diakses pada tanggal 22 April 2011)

3.      Almustaghrak, Ilham. Iman Kepada Malaikat . http://digitalreferensi.blogspot.com/2012/11/iman-kepada-malaikat.html (diakses pada tanggal 29 November 2011)

4.      Ahmed, Akbar. Islamic Studies . http://islamicstudies.info/reference.php?sura=11&verse=69&to=73 (diakses pada tanggal 3 Juli 2011)

5.      Losaries, Imam. Iman Kepada Malaikat . http://software-comput.blogspot.com/2013/04/makalah-iman-kepada-malaikat.html?m=1 (diakses pada tanggal 5 April 2013)


Itu lah contoh singkat dari makalah yang pernah saya buat. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar